Tips mengatasi Android yang Lemot

Tips mengatasi Android yang Lemot - Android merupakan salah satu sistem operasi terbaik untuk ponsel saat ini, khususnya smartphone, akan tetapi sebagai salah satu operasi sistem yang terbaik tentu Android tetap memiliki kekurangan, terlebih dalam kinerjanya yang kadang sering mengalami pemrosesan data yang sangat lambat. Maka dari itu dalam tulisan Saya ini akan berbagi Tips mengatasi Android yang Lemot.
Tips mengatasi Android yang Lemot
Image by poster.co.id
Android mengalami kelambatan alias lemot dalam bekerja tentu karena berbagai faktor, akan tetapi faktor utama yang harus kita perhatikan adalah hardware yang ada dalam smartphone itu sendiri, terutama Random Acces Memory atau biasa disebut RAM yang dimilikinya apakah sudah sesuai dengan versi android yang terinstall, dalam berbagai kasus bahkan yang sering dialami oleh beberapa orang pemilik smartphone yaitu mereka tidak menyadari bahwa terkadang membeli android dengan versi terbaru tanpa kapasitas RAM yang mendukung.

Selain kapasitas RAM kita juga harus memperhatikan hardware pendukung lainnya yaitu prosesor, akan tetapi saya yakin prosesor di smartphone sekarang yang dikeluarkan perusahaan ponsel tentunya sudah disesuaikan dengan RAM. Tapi alangkah baiknya kita tetap memperhatikan kecepatan prosesor yang ada.

Sistem operasi Android juga sama halnya dengan sistem operasi dekstop lainnya, yaitu apabila kita sudah memakainya terlalu lama akan mengalami penurunan kinerja yang diimbangi dengan penurunan kinerja hardware yang ada. Penurunan kinerja pada sistem operasi Android tentunya karena banyaknya pemakaian aplikasi, sering mengalami memori penuh, dan tentu berbagai masalah yang mungkin terjadi. Jadi untuk mengatasi Android yang lemot berikut tips mudah yang bisa anda praktekan.

Kurangi aplikasi
Mengurangi beberapa Aplikasi tentunya sangat membantu dalam menjaga peforma Android, dengan meng-uninstall beberapa aplikasi yang tidak penting anda sudah mengurangi beban kinerja pada android. saran saya cukup install aplikasi yang memang sekiranya anda butuhkan, contohnya : aplikasi kantor, photo editing, social media, dan aplikasi lainnya yang memang anda butuhkan untuk masa mendatang ataupun setiap waktu.

Kurangi Widget
Penggunaan widget pada OS Android tentunya akan menyerap daya baterai yang lumayan, juga akan memakai sebagian besar kapasitas RAM yang ada, jadi saran saya kurangi penggunaan widget yang tidak penting seperti widget cuaca, widget social media dan sebagainya.

Selektif memilih wallpaper
Penggunan wallpaper juga bisa mempengaruhi kinerja android anda, dengan menggunakan wallpaper yang hidup atau biasa disebut live wallpaper tentunya akan membuat android anda menyerap lebih banyak daya yang ada. Jadi mulai sekarang cermatlah untuk memilih wallpaper.

Gunakan Memori Micro SD Terbaik
Penggunaan Memori Micro SD tentu sangat membantu dalam mengoptimalkan kinerja Android, mengapa seperti itu ? karena kerap kali kita mengetahui bahwa memori internal yang ada tidak begitu besar kapasitasnya, dan juga terlalu penuh dengan data. Sebaiknya kini anda gunakan fungsi memori eksternal yang ada akan tetapi saran saya apabila bisa menggunakan Micro SD terbaik mengapa tidak? pakailah micro SD dengan merek ternama, kapasitas besar.

Gunakan Aplikasi Task Manager
Task Manager Android
Image by www.appszoom.com
Menggunakan aplikasi task manager akan membantu anda menjaga aplikasi yang tidak diinginkan hidup untuk off, dengan hal tersebut aplikasi yang anda lupa untuk menutupnya akan bisa terpantau dengan baik dan anda bisa menutupnya ketika tidak digunakan. Hal ini akan mengurangi resiko lemot.

Demikian Tips mengatasi Android yang Lemot dengan mudah yang bisa anda praktekan dan rasakan manfaatnya, jika anda memiliki cara lain dan tidak ada dalam tulisan ini, silahkan berbagi di komentar bersama kami.
2 Komentar untuk "Tips mengatasi Android yang Lemot"

bookmark dulu ya,nanti kapan2 butuh mau tak coba :)

Perlu Di Ingat :

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik, sopan dan sesuai dengan topik juga relevan.

Dilarang komentar menggunakan Live Link dan bertujuan promosi blog / situs.