Tips Meminimalisir Penggunaan Kuota Paket Data di Android

Tips Meminimalisir Penggunaan Kuota Data di Android - Beragam cara selalu ditempuh untuk mendapatkan akses internet sepuasnya, termasuk membeli paket kuota sebesar mungkin, tapi seringkali tanpa di sadari meski kita telah membeli paket kuota sebanyak apapun, kita selalu merasa itu tidak cukup dan bahkan terasa seperti cepat habis.


Penggunaan data memang tidak bisa terkontrol dengan baik khususnya bagi pengguna baru Android, beberapa penyedia layanan pun selalu memberikan layanan data dengan penawaran menarik, ini juga di ikuti oleh tingkat persaingan sesama penyedia layanan internet. Tingkat kuota yang semakin besar selalu dicari oleh para pengguna Android termasuk kita.

Memang sangat diperlukan kuota data setiap waktu untuk mengakses internet, bahkan dalam keadaan tertentu kita akan selalu membutuhkan ketersediaan paket data. Akan tetapi paket data yang banyak sering membuat kita lupa akan pengecekan dan akhirnya tanpa di sadari paket data kita sudah melampaui batas penggunaan, dan hal itu akan membuat anda mengakses internet dengan kecepatan paling minimum bahkan beberapa provider memutus begitu saja koneksi internet apabila paket anda sudah habis.

Jadi bagaimana caranya untuk  Meminimalisir Penggunaan Kuota Data di Android, sehingga kita bisa selalu menikmati akses internet setiap waktu, chatting bersama kawan dan teman juga dapat menghemat katong dompet anda untuk membeli paket data dikemudian hari. berikut tips mudah yang bisa Anda ikuti dari Android Attractive.

1. Menahan keinginan mendownload file berkapasitas besar

Cara ini sangat cocok bagi Anda yang suka melakukan aktivitas download, baik file Video, Music, Aplikasi dan Game sekalipun itu dari Google Play Store ataupun dari penyedia pihak ketiga. Dengan menahan keinginan mendownload file berkapasitas besar bukan berarti kita tidak mendowload file yang kita inginkan, tetapi kita hanya harus bersabar mencari koneksi wifi yang bisa kita andalkan dan jika sudah menemukan koneksi wifi kita bisa melakukan download file yang sudah kita inginkan.

2. Hentikan kebiasaan chatting dengan Video Call

Bertatap muka dengan video call memang mengasyikan, tapi sadarkah anda itu bisa menghabiskan banyak kuota data pada sim anda, dengan video call 1 menit kita bisa menghabiskan hampir 3 MB paket data yang ada. Solusinya adalah hentikan penggunaan video call seperti skype dan lainnya. Saran saya gunakan saat memang diinginkan seperti moment moment hari besar, hari lebaran dan moment moment yang memang membutuhkan interaksi tatap muka langsung.

3. Kurangin bermain game online di Android

Bermain game sangat mengasyikan terlebih game online yang kita bisa bermain bersama dengan pemain lain atau dengan teman. Dan tahukah anda ? tanpa disadari game game online tertentu sangat menguras jumlah paket data yang ada, seperti game action real-time seperti Asphalt 8 dan modern Combat 5: Blackout dengan beberapa hasil perkiraan data ternyata mereka bisa menghabiskan sekitar 1MB per menit untuk bermain.

4. Kurangi menonton Video, atau memutar musik secara online

Dengan menonton video di youtube ataupun memutar musik online di berbagai aplikasi atau situs tertentu ini sudah menghabiskan paket data yang lumayan banyak, seperti yang telah kita ketahui bahwa video video dan music rata rata memiliki ukuran yang lebih dari 2 Megabyte untuk sekali waktu menikmatinya. Solusinya adalah dengan memilih secara selektif video dan musik yang memang kita butuhkan setidaknya kita bisa mengerem kebiasaan bablas dalam berselancar melihat video dan mendengarkan music secara online. Yang terbaik adalah berbagi sesama teman melalu bluetooth adalah yang paling baik anda lakukan untuk menghemat paket data.

5. Mulailah Browsing menggunakan Browser penghemat kuota data.

Melakukan browsing di internet juga bisa menghabiskan banyak kuota, dengan membuka website website yang berukuran besar itu bisa menghilangkan sebagian data. Mulailah menggunakan browser yang memperkecil ukuran data, seperti menggunakan opera mini, ini adalah salah satu jalan terbaik untuk browsing sepuasnya tanpa khawatir paket data yang akan terpakai.

6. Melakukan Off Internet akses saat tidak diperlukan

Dengan mematikan akses internet di android kamu, ini akan berdampak besar dalam menghemat paket data yang ada. Terkadang dengan keadaan internet yang nyala kita tidak menyadari bahwa itu memberikan akses bebas kepada aplikasi aplikasi online yang berjalan setiap waktu, bahkan memberi jalan kepada aplikasi aplikasi tertentu untuk melakukan download file atau data tanpa sepengetahuan kita.

Begitu banyak langkah dan cara yang tentunya bisa anda terapkan kepada smartphone anda, akan tetapi langkah terbaik akhir adalah dengan membeli paket data yang berjumlah Unlimited, dengan itu kita tidak perlu sibuk atau khawatir memantau terus jumlah paket kuota data yang tersisa. Bagaimana dengan Tips Meminimalisir Penggunaan Kuota Paket Data di Android yang Android Attractive bagikan ? sangat mudah bukan untuk diikuti, jika Anda memiliki ide lain dan pemikiran lain yang tidak tertulis saya berharap anda bersedia membagikannya di kotak komentar.

7 Komentar untuk "Tips Meminimalisir Penggunaan Kuota Paket Data di Android"

Wah,
Android saya sering boros kuota nih :(
Ijin nyoba tipsnya

Nice Share mas

btw browser penghemat data kuota data itu apa saja ya mas ? :D

Nanti kedepannya saya Share bro ;) tetap Stay yah

Dari semuanya baru yg udah gue lakuin, wkwkwk :v

Dari semuanya baru no. 6 yg udah gue lakuin, wkwkwk :v

Coba saja Langkah selain no6 :) semoga berdampak baik gan

Perlu Di Ingat :

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik, sopan dan sesuai dengan topik juga relevan.

Dilarang komentar menggunakan Live Link dan bertujuan promosi blog / situs.